• Visi

Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Mulawarman menjadi pusat pengembangan keilmuan & riset  yang kompeten menghasilkan karya-karya inovatif melalui pendekatan multidisiplinier dengan mengarusutamakan pelestarian lingkungan.


  • Misi
  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, menjunjung tinggi sikap ilmiah dan memiliki kompetensi tinggi di bidang ilmu lingkungan.
  2. Mengembangkan riset inovatif berstandar nasional/internasional dibidang  ilmu lingkungan tropika dataran rendah  dalam rangka kelestarian lingkungan.
  3. Menyelenggarakan desiminasi kajian ilmiah dan riset dibidang ilmu lingkungan untuk peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka memberi solusi masalah lingkungan melalui pendekatan multidisiplin                                                                                                                                                                                 

        

  • Tujuan 

    Tujuan PSMIL dirumuskan seperti berikut ini: 

    1. Menghasilkan lulusan magister yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, menjunjung tinggi sikap ilmiah dan memiliki kompetensi tinggi di bidang ilmu lingkungan. 

    2. Dihasilkannya riset inovatif berstandar nasional/internasional di bidang  ilmu lingkungan tropika dataran rendah dalam rangka kelestarian lingkungan. 

    3. Terwujudnya diseminasi kajian ilmiah dan riset di bidang ilmu lingkungan  untuk  peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. 

    4. Terjalinnya kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka memberi solusi masalah lingkungan melalui pendekatan multidisiplin.

    Tujuan ini dapat diwujudkan oleh PSMIL dengan melibatkan seluruh civitas akademiknya. Sejalan dengan waktu beberapa milestone dari tujuan tersebut sudah dicapai, yaitu dengan dihasilkannya lulusan yang berkualitas serta dihasilkannya riset-riset yang banyak digunakan oleh pihak pengguna.

     

  • Sasaran

    Sasaran PSMIL Universitas Mulawarman  sebagai berikut: 

    1. Terwujudnya lulusan yang  bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, menjunjung tinggi sikap ilmiah dan memiliki kompetensi tinggi dibidang ilmu lingkungan. 

    2. Dihasilkannya riset inovatif berstandar nasional/internasional di bidang  ilmu lingkungan tropika dataran rendah  dalam rangka kelestarian lingkungan . 

    3. Terwujudnya  desiminasi kajian ilmiah dan riset di bidang ilmu lingkungan  untuk  peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat 

    4. Terjalinnya kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka memberi solusi masalah lingkungan melalui pendekatan multidisiplin. 

    Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan dan sasaran PSMIL telah sejalan dengan visi dan misi PSMIL. Dalam hal ini visi, misi, tujuan dan sasaran PSMIL telah sejalan pula dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Pascasarjana dan Universitas Mulawarman. 

Visi, Misi